Minggu, 29 April 2012

Itong = Ikhwan Sepotong


Pada zaman dahulu kala (halahh..kayak sejarah aja icon biggrin Itong = Ikhwan Sepotong ) hiduplah dua orang lelaki yang sangat berbeda 180 derajat, sebutlah si Itong dan si Amin. Itong adalah lelaki desa yang kata orang cukup tampan, dengan kecerdasan di atas rata-rata, dan sejak kecil sampai remaja hidup di lingkungan pesantren. Alhasil, Itong telah menjadi idola remaja di kampungnya. Sedangkan si Amin, lelaki biasa yang juga cukup good looking, tapiiii berbanding terbalik dengan namanya, si Amin ini lelaki gaul nan suka menghambur-hamburkan uang orang tuanya. Apalagi ilmu agama, ilmu dunia aja entah nyantol apa enggak di kepalanya yang ditumbuhi rambut jabrik itu.


box hug love1 300x200 Itong = Ikhwan SepotongMereka berdua adalah sahabat karib, hanya saja sejak SMP Amin tinggal di lingkungan kota yang wooww.. membuatnya menjadi lelaki yang sedemikian ”sok keren”. Sedangkan Itong tetaplah istiqomah dengan akhlaknya yang terjaga selama di pesantren.

Dan suatu ketika, bertemulah mereka berdua di suatu mall besar. Ceritanye nih sekarang si Itong kuliah di sebuah kota besar.

””Ehhh bro.. kayaknya gue kenal sama lo deh?”” kata Amin sambil memperhatikan Itong dari ujung rambut sampai ujung sarung. (hahh?astagaaa,ke mall pake sarung Tong?)
””ehhh…Assalamu’alaikum! Amin yak? Ini ane.. Itong”” kata Itong sambil mengulurkan tangan pada Amin yang masih melongo melihat penampilan Itong.
”Lo ngapain ke sini Tong? Mana lo pake sarung gitu… norak tau ! ” kata Amin sambil cengengesan melihat penampilan Itong yang menurutnya ndeso itu.
”hehehe..ane mau beli alat mandi nih, ehh sama temen kos malah diajak ke sini. Apa kabar ente? Tambah klimis aja nih””

Akhirnya mereka berdua ngobrol seru di suatu tempat makan. Tak terasa hampir satu jam mereka ngobrol. Lalu, muncullah sesosok makhluk cantik dari salon dekat tempat makan mereka, dengan memakai pakaian yang aduhai menggoda iman, dengan kaos ketat berlengan pendek dan rok mini di atas lutut, bersepatu hak tinggi, dan riasan wajahnya yang berwarna mejikuhibiniu. (kayak pelangi euy)

Tong, kenalin… ini cewek gue..namanya Sandra””
Astaghfirullah… Astaghfirullahh hal adzim….” Itong melihat sekilas lalu menunduk dalam-dalam sambil beristighfar.

Makhluk cantik bernama sandra itu langsung mengulurkan tangannya hendak menyalami Itong.

Astaghfirullah… Astaghfirullah … Astaghfirullahh hal adzim…” Itong semakin menunduk dan semakin banyak beristighfar. Wajahnya pucat.
“ ”temen lo kenapa sih say? Kayak habis liat hantu begitu, emang gue serem ya? Uhhh.. pulang yuk”” kata Sandra sambil menggamit lengan Amin.
Ya udah… kita pulang aja yuk.. Tong, gue duluan ya, ni kartu nama gue, Lo telpon aja kalo  butuh apa-apa. Ok bro?””
iye..iye…makasi Min..””
Itong berkata dalam hati ””Alhamdulillaaaahh.,akhirnya pergi juga..makhluk apaan tadi yak.. baru ini ane liat ada makhluk kayak begitu.””

Itong akhirnya pulang ke rumah dengan wajah kuyu. Ketika di mall ia terpisah dari temannya dan tersesat mencari pintu keluar. Akhirnya  Itong diantar pak satpam keluar dari mall besar di kota Jakarta itu.
(hehehe..tampaknya Itong kelewat lebay polosnya ya? Okok,lanjutt..^^)

**^^**

Di perpustakaan kampus kuning

“”Tong, gue capek nih… hidup begini mulu.. uda gonta ganti cewek, nongkrong kemana-mana, gonta – ganti temen, tapi tetep aja gue belom tenang hidup, ibaratnya nih Tong, selama ini gue hidup kagak ada tantangannya, apa-apa yang gue mau pasti gue dapetin… Lo kok bisa sih Tong hidup tenang-tenang begitu?””
gimane ye Min, susah nih ngejelasinnye. Mmm, ente punya mobil kagak?””
 ””mobil? Kalo cuma mobil di rumah gue ada banyak Tong. Kenapa? Lo mau pinjem?””
bukan gitu..ane kagak bisa nyetir mobil, nahh kalo ane pengen naik mobil, ane kudu ngapain dulu nih Min?””
ya Lo kudu belajar nyetir dulu lah Tong, Lo kudu tau panduannya gimana bisa nyetir, Lo kudu ngerti tuh dalemannya si mobil, salah-salah Lo pengen ngerem malah ngegas, bisa nabrak orang tuh””
”nhaaa… itu maksud gue tadi..ehh ane tadi”” kata Itong sambil tersenyum.
”maksudnya?”” tanya Amin tak mengerti.
iye, kita hidup di dunia juga gitu, kita kudu ngerti tuh pedomannya, kayak orang naik mobil, ente pasti punya tujuan kemana kan? Sama kalo kita hidup, kita juga harus tau tujuan hidup kita apa dan kemana, nahh kalo kita uda tau, kita juga harus belajar gimana bisa hidup sesuai dengan cara hidup yang benar””
hmm… gitu ya Tong… intinya, gue kudu belajar ngaji, gitu? Kudu ngerti isinya Al Qur’an juga?”” kata Amin sambil garuk-garuk kepala dan berkata dalam hati “”alamakk,caranya sholat aja gue uda lupa… apalagi ngaji””
nhaaaa.. bener banget tuh Min..itu maksud ane. Liburan semester depan Lo ngaji aja di pesantren ane, gimana?””
“”oke deh”” Amin mengiyakan.

Akhirnya… jadilah amin belajar ngaji di pesantren dimana Itong pernah nyantri. Tapi, karena mengikuti semester pendek, Itong tak ikut nyantri tapi tetap masuk kuliah.

**^^**

2 bulan berlalu. Bertemulah dua sahabat karib itu . Amin sudah berpakaian lebih sopan dan rapi dengan rambut yang sudah tak jabrik lagi. Sedangkan Itong sudah tampak jauh lebih ”modern”,penampilannya tak sepolos waktu awal-awal kuliah.

Di serambi masjid kampus kuning.

“Assalamu’alaikum bro!”” Amin berteriak dari kejauhan.
Itong yang duduk di serambi masjid masih melongo, pangling dengan sesosok lelaki yang dilihatnya. Alisnya berkerut terangkat menandakan ia sedang berpikir mengingat-ingat.
wa’alaikumussalam,ehh Amin!…sudah balik ente, gimane di pesantren? Betah kagak?”” kata Itong sambil menyalami Amin.
Alhamdulillah… betah Tong, MasyaAllah…. adem banget dah di sana. Belajar banyak banget sama ustadz-ustadz dan syaikh-syaikh di sana. Awalnya nih tong gue kaget banget, pas ikut sholat, ehhh nama gue disebut-sebut Tong””
“ ”?? maksud ente ??”” Itong kebingungan.
” ”iya,habis baca Al fatihah kan baca ”aamiin” gitu Tong””
hehehhe ade-ade aje ente nih” ” kata Itong sambil tergelak.
makasi Tong, gue jadi ngerti nih sekarang, kalo hidup kita tu bukan cuma buat seneng-seneng doang, terlena sama dunia bisa-bisa lupa nanti sama akhirat. Gue pengen banget dapet bidadari surga Tong! Yang cantik-cantik bermata jeli itu, makanya gue pengen masuk surga”” (Loh?? Kok niatnya?haduhh..)
“MasyaAllah… MasyaAllah… bidadari yang kayak gitu Min maksud ente?”” kata Itong menunjuk ke arah beberapa akhwat yang sedang berjalan menuju masjid.
”hussshhh… ente tuh… liat cewek aja masih nyebut! Malu ahh Tong,kagak bole lo liat cewek lama-lama, gadhul bashar Tong!”” (gaya nih si Amin, uda pinter nyeramahin Itong.hehehe)
hehehe….iye Min,ini ane kan belom kedip…jadi masih pandangan pertama nih.. hehehe… tar kalo uda kedip,gue nunduk deh” ” kata Itong masih memandangi segerombolan akhwat yang berjalan semakin mendekat ke arah masjid.
Duggg!
“”aduhhhh…sakit Min””
Amin menimpuk kepala Itong dengan tas ranselnya. Amin cengengesan.
”Makanya, yang bener jadi orang, baru liat cewek gitu aja uda langsung melongo””
iye-iye… ngarti ane Min, kayak ane nih kagak ngarti aje. Ehh,ente tau kagak… di sini ane nemu banyak banget ABG Min”” kata Itong dengan wajah berseri-seri.
“”hah?anak baru gedhe maksud Lo?””
bukan.. ABG ntu.. akhwat berjilbab gedhe…hehehe.kayak tipe-tipe calon istri yang ane cari selama ini lah.”
ooo… trus kalo cewek berjilbab kagak gedhe apa tuh namanya?””
kalo perempuan berjilbab sedikit gedhe namanya akhwit, kalo jilbabnya kecil namanya ikhwit..hehehe””
“”hehehe..ada-ada aja Lo…lha kalo kagak pake jilbab trus pake baju seksi-seksi apa Tong?””
kayak cewek ente dulu itu maksudnye? Itu mah… suiiitt suiiitt…. hehehehe””
hehehe…dasar lo Tong… gue udah kagak mau pacaran lagi Tong, kasian istri gue nanti, gue uda insyaf… biar deh nanti Allah yang pilihin cewek mana yang paling pantas buat gue, yang bisa diajak belajar Islam bareng-bareng, yang shalihah gitu deh, makanya gue pengen jadi cowok sholeh dulu.. kagak mau setengah-setengah.. kayak nama lo tuh…Itong kan artinya ikhwan sepotong…hehehe””
“”enak aja ente…. begini-begini ane ikhwan tulen.. hehehe”
“Min min… tuh ada ABG lagi..”   kata Itong sambil menunjuk ke arah taman masjid.
mana Tong?kagak ada orang tuh””
hehehe…kena ente!”” Itong buru-buru memakai sepatunya dan berlari menuju kelas.
Itooooongg…. awas Lo!””
**^^**