Rabu, 24 Februari 2010

Menghapus Kejahatan


Dari Abu Utsman, Ia berkata,”Saya dan Salman r.a. berada di bawah sebatang pohon, lalu ia mengambil sebatang ranting kering dari pohon itu dan mengguncang-guncangkannya sehingga daun-daunnya berguguran. Ia berkata,” hai Abu Utsman, mengapa engkau tidak berdaya kepada saya, mengapa saya berbuat begini?” saya bertanya,”Mengapa engkau berbuat demikan?”jawabnya,” Beginilah rasulullah saw. Melakukannya di hadapan saya ketika saya bersama beliau di Bawah sebatang pohon. Beliau mengambil ranting kering dan mengguncangkannya sehingga daun-daunnya berguguran. Lalu dia bersabda,”wahai Salman, mengapa kamu tidak bertanya kepadaku mengapa aku berbuat begini?” Saya bertanya,”Mengapa engkau berbuat demikian?” Sabda beliau,” Sesungguhnya jikak seorang muslim berwudhu dengan sempurna, kemudian sholat lima waktu, niscaya dosa-dosanya gugur sebagaimana daun-daun ini berguguran.”dan beliau membacakan satu ayat yang artinya.”Dan dirikanlah sholat pada kedua tepi siang(pagi dan petang) dan pada sebagian permulaan malam, sesungguhnya amal kebaikan menghapuskan kejahatan. Itulah peringatan bagi orang-orang yang mau ingat (kepada Allah).” (Q.s. Huud:114). (Ahmad, Thabrani, Nasa’i).